Contoh Teks Cerita Sejarah Pribadi Singkat tentang Diri Sendiri

Teks cerita sejarah terbagi menjadi beberapa macam, salah satunya artinya teks cerita sejarah eksklusif. Teks tadi bisa digolongkan menjadi cerita sejarah nonfiksi, yakni cerita yg benar-sahih nyata.

Agus Sasono (2021) pada buku BPSC Modul Bahasa Indonesia Sekolah Dasar/MI Kelas V mengungkapkan, teks narasi sejarah bergantung berasal pengalaman insan. Teks ini fokus di keterangan-kabar yang terjadi pada masa lampau.

Teks cerita sejarah memegang peranan penting buat kehidupan warga saat ini. karena, teks tersebut bisa dipergunakan buat merekonstruksi peristiwa yg sudah terjadi di masa kemudian.

sementara itu, teks cerita sejarah pribadi merupakan teks yang menyebutkan peristiwa atau berita-fakta berasal kehidupan masa mungil sampai waktu ini yg ditulis sendiri oleh orang yg mengalaminya.

Lantas, seperti apa contoh novel sejarah pribadi ? Simak ulasan berikut buat mengetahui jawabannya.

Contoh Teks Cerita Sejarah Pribadi Singkat tentang Diri Sendiri

Berikut model teks cerita sejarah langsung yang dikutip berasal kitab Cermat Berbahasa Indonesia: Suplemen Materi Bahasa Indonesia oleh Sutarno, S. Pd (2019):

Contoh 1

saya lahir di Papua 12 Januari 1997, namun ketika ini aku tinggal pada kota Jakarta serta menjadi galat satu siswa di kelas X, SMA Negeri 21 Jakarta Jurusan IPS.

saya memiliki hobi-hobi yang berkaitan menggunakan tumbuh-tanaman serta jua berolahraga, terutama olahraga jogging. Bagiku tumbuhan serta kesehatan merupakan dua hal penting yang berkaitan antara satu dengan lainnya.

Semasa mungil saya pernah tinggal di dekat sungai Ciliwung, setiap demam isu hujan rumahku pasti kebanjiran oleh luapan sungai tersebut. aku beserta keluargaku kemudian mengungsi ke daerah pengungsian sementara sampai banjir mereda. Hal itu terus saja terulang berasal tahun ke tahun seperti tanpa ada pemecahan.

Menginjak tahun pertama di SMA, saya mulai sadar bahwa konflik banjir sebetulnya bukan sekadar tanggung jawab pemerintah saja.

warga juga wajib ikut bertanggung jawab mengatasi problem tersebut. keliru satu caranya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi membuang sampah ke sungai.

sejak ketika itu, lalu aku mulai bergabung dengan Komunitas Peduli Lingkungan. Komunitas ini beranjak setiap minggunya buat mensosialisasikan banyak sekali cara yang dapat dilakukan buat mencegah banjir dan jua pola-pola hidup sehat. tidak lupa pula kadang kami mengadakan bakti sosial di setiap kelurahan yg dikunjungi.

kini saya merasa lebih berguna bagi orang lain. menggunakan membuatkan ternyata membuat orang menjadi lebih memahami dan kita menjadi tahu lebih.

contoh 2

Namaku Ridwan, umurku sekarang adalah 15 tahun. sejak mungil saya bercita-cita ingin sebagai pemain bulutangkis hebat yang mampu membawa nama Indonesia berkibar pada pentas dunia. aku sangat ingin sekali membanggakan orang tuaku, teman-temanku dan tentunya negaraku.

di ketika usiaku menginjak 7 tahun. Kakek membelikanku raket menjadi anugerah sebab saya mendapat rangking dua pada kelas 1 Sekolah Dasar.

Kakekku jago sekali bermain bulutangkis, dia selalu mengajariku bagaimana cara bermain yg baik dan menemaniku bermain bulutangkis setiap libur sekolah.

pada waktu usiaku 13 tahun, aku terpilih buat mewakili sekolahku mengikuti kejuaraan bulutangkis antar SD se-kecamatan Cibariuk.

Itulah pertama kalinya aku mengikuti kejuaraan resmi serta ternyata aku berhasil masuk ke babak final walaupun saya ternyata harus kalah pada babak tadi serta hanya menjadi juara 2. tapi tentu saja itu adalah pengalaman berharga yg akan selalu aku kenang.

saat ini aku bergabung dengan keliru satu sekolah bulutangkis yang ada di kotaku. saya berharap kemampuanku semakin usang semakin semakin tinggi supaya aku bisa mewujudkan mimpi yg saya idamkan.

Apa Itu Teks Cerita Sejarah?

menurut Tomi Rianto pada kitab CMS Cara Menguasai Soal Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas dan MA, teks cerita sejarah artinya teks yang menceritakan ihwal kejadian, kabar, atau kisah hidup insan menggunakan memasak fakta sejarah sebagai latar insiden.

Teks ini umumnya menggunakan kata lampau serta menjelaskan tokoh dalam penulisannya. Teks tadi juga membagikan latar, istilah-kata yang menggambarkan tokoh, dan mengandung istilah kerja.

Teks cerita sejarah dapat dikenali menggunakan beberapa karakteristik, antara lain:

  • Bentuk teks berupa cerita ulang atau recount.
  • menggunakan konjungsi temporal.
  • Isinya berupa berita.
  • disajikan secara kronologis.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Teks cerita sejarah dibangun oleh beberapa struktur, di antaranya:

1. Orientasi

Orientasi artinya bagian sosialisasi atau pembuka asal teks cerita sejarah.

2. Urutan peristiwa

Urutan peristiwa adalah rekaman peristiwa sejarah yang sudah terjadi. Bagian ini umumnya dipaparkan secara kronologis.

3. Reorientasi

Reorientasi memuat komentar langsung penulis terkait peristiwa sejarah yang diceritakan. Ini merupakan bagian opsional dalam teks cerita sejarah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

https://sites.google.com/view/ctmastarformation3/schedule https://sites.google.com/view/prem-ventures-nsf-seed-grant/ https://sites.google.com/view/uptownchristmastrees/ https://sites.google.com/view/schev-tempsite/home https://sites.google.com/view/worldbankspringmeeting/ https://sites.google.com/view/a-systems-approach-to-biology/ https://sites.google.com/view/a-systems-approach-to-biology/ https://tractgames.weebly.com/ https://parmatours.weebly.com/ https://qsoftmart.weebly.com/ https://focushub.weebly.com/ https://agmyrekstem.weebly.com/ https://mikebaginy.weebly.com/ https://freedomofthefringe.weebly.com/ https://paveyourlane.weebly.com/ https://midnightstudios.weebly.com/